Posted by : Ahtong PLAYWORKS Minggu, Februari 28, 2016

CARA PENYETELAN KLEP DAN UKURAN NYA


Yo , Comeback again and again with Ahtong :3
Ahtong kali ini mao bahas tentang stell klep pada sepeda motor, kenapa stell klep ?? ya lagi mao share aja abis di test PKL :v so langsung aja kembali ke Laptop

1. SIAPKAN ALAT ALAT /TOOLS
  siapkan alat alat seperti berikut yaa :3
- Obeng (-) besar
- Kunci T 17 (Motor supra 125, Kharisma)
- Kunci T 14 (Supra Fit / Tiger)
- Kunci Ring 8-9 (Motor Bebek)
- Ring 17 (Tipe bebek)
- Ring 24 (Tipe Sport)
- Feeller Gauge Set
- Valve Adjusting Wrench ( Kunci Klep )

2. LANGKAH KERJA
Yupps kalo dah siap , Langsung aja .. :v
1. Buka tutup klep (In dan Ex) menggunakan kunci Ring/Pas ukuran 17 untuk tipe bebek dan 24    untuk tipe sport / Untuk Matic silahkan buka jok motor lalu buka Tutup Silinder dengan kunci L 6

2. Posisikan Piston pada posisi TOP / TOP POSITION dengan membuka tutup magnet pada blok mesin sebelah kiri ada 2 tutup , buka tutup dengan obeng (-) Besar


Setel menggunakan kunci T atau Ring ukuran 14/17
dengan memutar engkol berlawanan arah jarum jam , dengan melihat posisi klep in dan out sampai naik dan turun 1 kali dan putar secara perlahan sampai terlihat tanda "T" pada tutup magnet bagian atas

Untuk lebih jelasnya ahtong kasih gambar di samping :v



Untuk penyetelan TOP POSITION pada Type Matic silahkan lakukan dengan meng engkol kick starter lalu lihat posisi klep masuk dan buang naik dan turun 1 kali lalu lihat posisi klep buang dan masuk sampai Lurus kembali

3. Setelah posisi sudah TOP POSITION langsung aja lakukan langkah langkah berikut
- kendorkan mur pengikat dengan ring 8-9/10-11 dan (tapper adjuster) baut setelan klep dengan kunci klep , keterangan gambar ada di samping






lalu masukan feeler gauge dan setel ukuran renggang klep seperti di bawah ini :3

Ket : in   = katup masuk
         out = katup buang


HONDA
- TIGER/MEGA PRO/PHANTOM : (0.10)   ±  0.01
- CS 1                                               : 0.06/0.27 (in/ex)
- BeAT/SCOOPY  FI/non FI           : 0.14 (in/ex)   ± 0.02
- Vario non FI dan FI 125                : 0.15/0.25 (in/ex)
- ALL TYPE 100 cc                        : 0.05 (in/ex)
- ALL TYPE 125 cc                        : 0.03 (in/ex)

YAMAHA

VIXION : 0.1
MIO       : 0.08/0.10 (in/ex)
VEGA    : 0.05-0.10/ 0.08-0.13 (in/ex)
MX         : 0.1-0.14 / 0.16-0.20 (in/ex)

SUZUKI 
THUNDER                  : 0.1/0.15 (in/ex)
SHOGUN ALL TYPE : 0.05 (in/ex)
SATRIA FU                 : 0.15 (in/ex)

Kencangkan dan Kendorkan sampai baut setelan klep sampaiFeeler terasa agak sempit/seret/peret dan Kencangkan kembali klep dengan cara tahan kunci klep dan kencangkan mur pengikat klep ,

 lalu cek klep MASUK/IN dengan mengoyangkan klep jika terasa naik turun sedikit berarti sudah betul/normal , namun jika terasa goyang kiri kanan lakukan kembali penyetelan dengan jarak toleransi yang sudah di tentukan sampai goyangan kiri kanan sudah tidah terasa

Untuk KLEP BUANG/EX hampir sama dengan klep masuk di atas

4. Lakukan pemasangan kembali tutup klep / tutup silinder pada dengan kunci Ring 17/24 dan L6 untuk tipe matic

Jika pemasangan sudah di lakukan silahkan rasakan Hasilnya :v

Jika ada tambahan/kata kata yang kurang di mengerti silahkan berikan komentar kalian di bawah OK :D

Sumber : Laporan PKL dan Berbagai Sumber
FOTO : GOOGLING :v

SMK BISA !!!!

See You Again :D





- Copyright © Ahtong Comp - AHTONG PLAYWORKS - Powered by Blogger - Designed by Ero WORKS MOD V.1 -